Header Ad Banner

ads

Jumat, 05 Agustus 2011

iPad 2 VS Galaxy Tab 10.1 , Siapa Pemenangnya?

http://faktabukanopini.blogspot.com/
iPad, merupakan gadget fenomenal yang menjadi pilihan banyak orang hingga saat ini. Karena itu tak heran bila banyak vendor berlomba-lomba untuk menghadirkan tablet yang disebut-sebut sebagai pembunuh iPad. Namun nyatanya, semuanya hampir tak bisa diharapkan.

Dari sekian banyak tablet yang beredar, hanya Samsung Galaxy Tab 10.1 lah yang dirasa paling pas untuk disebut sebagai pesaing utama iPad 2. Untuk mengetahui lebih bagus mana iPad 2 dengan Galaxy Tab 10.1 simak perbandingannya:

Desain

Apple iPad 2Samsung Galaxy Tab 10.1
Dimensi: 241,2 x 185,7 x 8,8mmDimensi: 256,7 x 175,3 x 8,6mm
Berat: 607 gramBerat: 565 gram
Screen: oleophobic anti gores dan sidik jariScreen: Gorilla glass
Back: Terbuat dari aluminiumBack: Terbuat dari plastik

Dari desain saja, keduanya memang mirip. Sekilas memang sama saja, tapi saat dipegang, keduanya terasa berbeda. Dalam hal ini, Galaxy Tab 10.1 sedikit lebih ringan (42 gram) dan lebih tipis 0.2mm dibandingkan iPad 2. Tapi selisih 42 gram tentu saja bukan masalah kan?

Nah di body bagian belakang, iPad 2 yang memilih aluminium memang tampak lebih elegan dan mewah. Namun kelemahannya adalah, bagian ini rentan penyok jika terbentur secara tak sengaja.

Layar

Apple iPad 2Samsung Galaxy Tab 10.1
Layar: LED-backlight IPS TFT (Capasitive Touchscreen)Layar: PLS TFT (Capasitive Touchscreen)
Kedalaman warna: 16 jutaKedalaman warna: 16 juta
Ukuran pixel: 768 x 1024 pixel, 132 ppiUkuran pixel: 800 x 1280 pixel149 ppi
Ukuran layar: 9.7 inchiUkuran layar: 10.1 inchi

Layar iPad 2 dibuat dengan rasio 4:3 dan Galaxy Tab 10.1 berukuran widescreen 16:10 ala sinema. Dari tabel di atas, terlihat jelas bahwa tingkat kepadatan layar yang dimiliki Galaxy Tab 10.1 sedikit lebih unggul dibanding iPad 2.

Galaxy Tab 10.1 menang di sisi ini berkat teknologi terbaru Samsung, PLS (Plane Line Switching) yang memberi perbedaan nyata dalam hal tingkat kecerahan, kontras dan viewing angle. Panel ini juga lebih unggul 10% dalam hal tingkat kecerahan, dibandingkan iPad 2 yang menggunakan panel IPS. Skor 1-0 untuk Galaxy Tab 10.1.

Jelajah situs

Apple iPad 2Samsung Galaxy Tab 10.1
Browser: SafariBrowser: Android
Koneksi: HSDPA, HSUPA, Wi-Fi 802.11 a/b/g/nKoneksi: HSDPA, HSUPA, Wi-Fi 802.11 a/b/g/n, Wi-Fi Direct, dual-band, Wi-Fi Hotspot
Fitur lain: Multi Tab Browsing dan Pinch ZoomingFitur lain: Multi Tab Browsing, Pinch dan Tilt Zooming, Flash Support
Hal yang paling disayangkan dari iPad 2 adalah tidak adanya dukungan untuk Flash. Sehingga jika Anda membuka situs yang diharuskan mendukung Flash player, maka situs tidak akan terbuka maksimal. Namun begitu, saat membuka situs, tampilan situs pada iPad 2 akan terlihat seperti layaknya menggunakan PC.

Berbeda dengan Galaxy Tab 10.1 yang terbaca sebagai mobile browser. Akibatnya, saat browsing menggunakan Galaxy Tab 10.1, Anda akan selalu diarahkan kepada situs versi mobile (jika ada).
Kelemahan Galaxy ini saya anggap sangat aneh. Gadget berukuran layar besar kok malah menampilkan versi mobile? Di bagian ini, tak ada yang menang.

Sistem Operasi

Apple iPad 2Samsung Galaxy Tab 10.1
iOSAndroid Honeycomb (v3)
Seperti gadget-gadget sebelumnya, Apple membuat sistem operasi sendiri yang bernama iOS untuk dipasang pada iPad 2 (versi 4). Sedangkan Galaxy Tab 10.1 mempercayakan 'otak' nya pada sistem operasi besutan Google, Android Honeycomb yang kabarnya sih memiliki kompatibilitas lebih tinggi dibanding versi sebelumnya.

Di sisi ini, iPad 2 bisa dibilang lebih unggul. iOS memiliki tampilan antarmuka yang simpel, mudah digunakan dan dipahami. Lain halnya dengan Android versi terbaru yang dipasang pada Galaxy Tab 10.1. Tampak terjadi perombakan yang cukup signifikan pada tampilan homescreen.
Suka yang simpel-simpel? iPad 2 unggul kali ini, skor imbang 1-1.

Sinkronisasi

Apple iPad 2Samsung Galaxy Tab 10.1
iTunes 10Samsung Kies, Mass Storage Mode

Untuk menghubungkan iPad 2 dengan PC, dibutuhkan software buatan Apple bernama iTunes. Nantinya segala jenis transfer data seperti musik, film, dan aplikasi akan sepenuhnya mengandalkan iTunes. Seperti produk buatan Apple sebelumnya, cara ini terlihat ribet.

Galaxy Tab 10.1 menggunakan software bernama Samsung Kies yang kurang lebih juga memiliki fitur dan fungsi yang sama. Tapi, Galaxy Tab 10.1 juga bisa menggunakan jaringan Wi-Fi untuk berkoneksi dengan PC. Bagaimana jika tak punya software Samsung Kies? Tak masalah, justru disinilah letak keunggulan Galaxy Tab 10.1, yang bisa berfungsi sebagai mode mass storage, untuk transfer data dari dan ke PC.

Kamera

Apple iPad 2Samsung Galaxy Tab 10.1
Kamera utama: 0.7 MP (960 x 720 pixel)Kamera utama: 3 MP with LED Flash
Kamera sekunder: VGAKamera sekunder: 2MP
Fitur kamera: Auto focus, Zoom, Geo-Tagging, Video Recording kualitas HD (720p), dan Photobooth.Fitur kamera: Auto focus, Zoom, 4 shooting mode, Timer, EV & WB Settings, Macro, 9 sceen mode, 4 photo effect, Geo-Tagging, dan Video Recording kualitas HD (720p)

Sebenarnya tak ada yang perlu diharapkan dari kedua kamera tablet ini. Karena mereka memang diciptakan bukan untuk mengabadikan suatu momen. Tapi jika dibahas lebih dalam, kamera iPad 2 lebih simpel, minim pengaturan dan terkesan ala kadarnya. Berbeda jauh dengan Galaxy Tab 10.1 yang sudah dilengkapi dengan LED Flash dan fitur yang jauh lebih lengkap.

Kesimpulan

iPad 2 layak dipilih bukan hanya karena gadget itu berlogo Apple tak utuh, namun juga karena kemudahan dalam pengoperasiannya. Sedangkan Android Honeycomb pada Galaxy Tab 10.1 dinilai lebih rumit. Dilihat dari segi aplikasi pun, aplikasi milik Apple jauh lebih banyak ketimbang Android yang masih seumur jagung.

Jika dilihat dari skor di atas, jelas Galaxy Tab 10.1 lah pemenangnya. Tapi, semuanya kembali kepada Anda. Jadi, pilih yang mana?

 http://gugling.com/perbandingan-ipad-2-vs-galaxy-tab-10-1-siapa-pemenangnya.html

admin 05 Aug, 2011


--
Source: http://faktabukanopini.blogspot.com/2011/08/ipad-2-vs-galaxy-tab-101-siapa.html
~
Manage subscription | Powered by rssforward.com



Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

0 komentar to “iPad 2 VS Galaxy Tab 10.1 , Siapa Pemenangnya?”

SPONSOR

STATISTIC

 

Copyright © 2009 by Bola80

Template by Blogger Templates | Powered by Blogger