Header Ad Banner

ads

Senin, 01 Agustus 2011

Tips Semangat Bekerja Ketika Puasa

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgEYNqaB3NfNFWhvcSPwa50NxGAHz2UQuIeX30Dqr0k-Hvx2nq8biwG4KuPvJzBPwNFtGZhRgljMZiGxss99NZKRyDbh9gPLf4OaTR_I5wAAaPBM3Kd1m_rBmKbEsoRhE8A3yc58KhZuYX6/s1600/maaf_lagi_puasa_kompas.jpg
BULAN suci Ramadan kembali tiba. Meski tengah berpuasa, bukan berarti Anda harus loyo ketika bekerja.

Menjelang tengah hari, perut biasanya mulai keroncongan dan dahaga mulai menyerang. Jika sudah demikian, pikiran menjadi sulit berkonsentrasi dan Anda pun tidak maksimal dalam bekerja.


Nah, ikuti sejumlah tips berikut ini agar tubuh tetap fit sepanjang hari selama berpuasa:


Sahur

Ketika sahur, konsumsi makanan kaya serat atau fiber, sedikit lemak sehat, serta protein yang lambat dicerna seperti daging sapi, daging ayam, dan ikan. Semua makanan tersebut berguna untuk menjaga kesehatan dan kelancaran pencernaan.

Selain itu, jangan lupa untuk meminum banyak air untuk menghindari kehilangan cairan tubuh secara drastis. Anda juga dapat memilih jus buah atau sayur yang kaya kalori dan nutrisi, untuk membangun sel-sel baru yang membantu Anda tetap fit saat berpuasa.


Menghemat tenaga

Ketika berpuasa, asupan energi ke dalam tubuh menjadi berkurang. Tetapi, bukan berarti Anda harus mengurangi aktivitas terlampau drastis.

Saat kantuk mulai menyerang, bangkit sebentar dari kubikel Anda dan pergilah ke kamar mandi untuk mencuci wajah yang kuyu dan mata yang lelah. Mengurangi kecerahan komputer Anda dan memberikan pencahayaan yang cukup di ruang kerja, juga dapat membantu menghindari stres pada otot mata dan syaraf sehingga tak cepat lelah.


Berbuka puasa

Jangan mengonsumsi terlalu banyak makanan dan air saat berbuka puasa. Sebaliknya, pilih makanan ringan seperti beberapa butir kurma dan cukup air.

Tunggu beberapa waktu sebelum memakan makanan besar seperti nasi dan lauk pauk. Langkah ini berguna untuk membiarkan sistem pencernaan Anda bekerja secara tepat sesuai kebutuhan. Pilih makanan tinggi protein dan karbohidrat kompleks yang cukup.


Pola tidur

Di bulan puasa, pola tidur biasanya sedikit terganggu. Pastikan Anda mempertahankan waktu tidur yang cukup dengan pergi tidur lebih awal, agar tidak mengantuk ketika harus bangun sahur dan beraktivitas sepanjang hari. (Yul/OL-06) 
 
 
 
 

Gratisan69 01 Aug, 2011


--
Source: http://gratisan69.blogspot.com/2011/07/tips-semangat-bekerja-ketika-puasa.html
~
Manage subscription | Powered by rssforward.com



Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

0 komentar to “Tips Semangat Bekerja Ketika Puasa”

SPONSOR

STATISTIC

 

Copyright © 2009 by Bola80

Template by Blogger Templates | Powered by Blogger