Header Ad Banner

ads

Kamis, 08 September 2011

Transportasi Udara | China Butuh 5.000 Pesawat Penumpang Baru

Pada tahun 2030, China akan membutuhkan paling tidak 5.000 pesawat penumpang baru untuk melayani booming transportasi udara di negara dengan kekuatan ekonomi terbesar kedua di dunia itu.

Demikian diungkapkan Randy Tinseth, Wakil Presiden Pemasaran Pesawat Komersial Boeing, di Beijing, China, Rabu (7/9/2011).

Menurut Tinseth, pihak Boeing telah merevisi perkiraan pertumbuhan kebutuhan pesawat penumpang di China setelah melihat perkembangan sektor transportasi udara di China ternyata jauh lebih baik dari yang diperkirakan semula. Tahun lalu, Boeing memprediksi China “hanya” akan membutuhkan 4.330 pesawat baru pada 2029.

“Pertumbuhan ekonomi yang terus bertahan kuat, aktivitas perdagangan yang meningkat, kenaikan kemakmuran dan pendapatan pribadi, dan liberalisasi pasar yang terus berlanjut akan menjadi faktor pendorong pembentukan pasar perjalanan udara di China,” tutur Tinseth.

Boeing memprediksi, dalam kurun 20 tahun mendatang, armada pesawat udara maskapai penerbangan China akan bertambah dari jumlah saat ini, yakni 1.750 pesawat, menjadi 5.930 pesawat. Dari total kebutuhan 5.000 pesawat baru, 16 persen di antaranya dibutuhkan untuk menggantikan armada yang mulai menua, sementara 84 persen sisanya adalah kebutuhan penambahan pesawat.

Menurut data resmi Pemerintah China, tahun lalu tercatat ada 267 juta perjalanan udara yang dilakukan masyarakat China, atau naik 15,8 persen dari tahun sebelumnya.

Tinseth mengatakan, Boeing mematok target mempertahankan penguasan 51-52 persen pasar pesawat penumpang di China. “Kami makin Asia-sentris. Untuk pertama kalinya, tahun lalu, pasar perjalanan (udara) di Amerika Utara telah dilampaui (volume) perjalanan di (kawasan) Asia Pasifik. China akan menyumbangkan lebih dari 40 persen dari total permintaan (perjalanan udara) di Asia Pasifik dalam 20 tahun mendatang,” papar Tinseth.

Meski menjanjikan pasar yang menggiurkan, Tinseth menegaskan, Boeing tidak akan membuka pabrik di China. Saingan utama Boeing, yakni pabrikan Airbus dari Eropa, sudah mengoperasikan pabrik pesawat Airbus A320 di kota Tianjin di China utara.

Dalam waktu dekat, persaingan pesawat jet penumpang jarak menengah, yang selama ini didominasi A320 dan pesawat penumpang andalan Boeing, B-737, akan diramaikan pesawat jet buatan China, yakni C919, yang dikembangkan Korporasi Pesawat Komersial China (Comac).

iyopw 07 Sep, 2011


--
Source: http://selebonline.com/transportasi-udara-china-butuh-5-000-pesawat-penumpang-baru/
~
Manage subscription | Powered by rssforward.com



Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

0 komentar to “Transportasi Udara | China Butuh 5.000 Pesawat Penumpang Baru”

SPONSOR

STATISTIC

 

Copyright © 2009 by Bola80

Template by Blogger Templates | Powered by Blogger