Header Ad Banner

ads

Senin, 14 November 2011

21 Lutetia, Asteroid dengan Material Pembangun Yang Sama Dengan Bumi

Para peneliti angkasa di European Space Agency (ESA) berhasil menemukan benda angkasa yang memiliki material pembangun hampir sama dengan bumi. Benda angkasa tersebut adalah sebuah asteroid yang memiliki nama 21 Lutetia.

Jika ditilik dari sejarah penciptaan tata surya, para peneliti menyimpulkan kemungkinan terdapat benda angkasa yang memiliki materi pembangun yang sama dengan bumi sangatlah besar. Mereka mengatakan, tak lama setelah matahari terbentuk, protoplanet disk yang mengelilinginya mulai menyatu.

Dari proses penyatuan tersebut, tak jarang terbentuk gumpalan yang berukuran lebih besar yang selanjutnya menjadi sebuah planet. Dan sebagian lainnya berubah wujud menjadi asteroid.

Sebenarnya temuan ini bukanlah hal yang baru. Sebelumnya, para peneliti di NASA telah menemukan hal yang serupa. Dengan menggunakan teleskop yang dimilikinya, mereka mengungkapkan terdapat tiga planet yang memiliki susunan material pembangun yang sama, yakni bumi, venus dan merkurius. Selain itu, para peneliti di NASA inipun mengungkapkan hal serupa, bahwa 21 Letutia ini memiliki karateristik material pembangun yang sama dengan bumi.

Berdasarkan hasil pengamatan, asteroid ini memiliki orbit di Inner Asteroid Belt (IAB). Lebih tepatnya, posisi orbit asteroid ini terletak di antara orbit planet Mars dan Jupiter.




sumber :http://www.beritateknologi.com/21-lutetia-asteroid-dengan-material-pembangun-yang-sama-dengan-bumi/

UNIC 14 Nov, 2011


--
Source: http://mietelorceplok.blogspot.com/2011/11/21-lutetia-asteroid-dengan-material.html
~
Manage subscription | Powered by rssforward.com



Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

0 komentar to “21 Lutetia, Asteroid dengan Material Pembangun Yang Sama Dengan Bumi”

SPONSOR

STATISTIC

 

Copyright © 2009 by Bola80

Template by Blogger Templates | Powered by Blogger