Header Ad Banner

ads

Senin, 14 November 2011

Kuliner Menjadi Bagian Penting Ekonomi Kreatif

http://images.detik.com/content/2011/11/14/294/BBThepalaceCTT.jpg
Industri kuliner memiliki peran penting dalam ekonomi kreatif. Bersama dengan industri kerajinan dan wisata, kuliner menjadi bagian dalam pengembangan pariwisata lokal. Gerakan ekonomi kreatif pun akan dimulai dengan produk bermuatan lokal.

Pagi ini Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Marie Elka Pangestu meresmikan hotel The Palace yang ada di kawasan Cipanas, Cianjur. Hotel berbintang 3 dengan 185 kamar ini merupakan salah satu hotel dari jaringan Discovery Hotel and Resort. 

Berbeda dengan hotel sejenis yang telah hadir di kawasan Cianjur, hotel The Palace mengadaptasi lebih banyak unsur lokal. Sentuhan unsur lokal Cianjur diadaptasi berupa desain interior, pemakaian SDM lokal, foodcourt yang menyajikan makanan khas Cianjur serta gerai kerajinan batik, sutera dan aneka kerajinan Cianjur.

"Pengambilan unsure lokal dalam pengembangan hotel di daerah merupakan hal yang penting dilakukan. Dengan cara ini industri kreatif seperti kerajinan, kuliner dan budaya ikut berkembang. Hotel ini bisa menjadi contoh pengembangan ekonomi kreatif berbasis kemampuan lokal," demikian tutur Marie Elka Pangestu dalam sambutan peresmiannya.

"Kami ingin menjadi bagian dari masyarakat yang ada di sekitar sini dan ikut berkembang bersama mereka. Karena itu pula seragam karyawan memakai batik Cianjur, kesenian Cianjur dan makanan khas Cianjur akan menjadi bagian utama hotel kami," jelas General Manager The Palace, Bapak Charlie.
http://www.mediaindonesia.com/spaw/uploads/images/article/image/20110408_093858_kuliner2.jpg

Mengenai kuliner sebagai bagian penting dalam industri kreatif, secara khusus Marie Elka Pangestu kepada detikfood menyatakan, "Kami sangat serius menggarap potensi makanan lokal untuk bias berkembang. Karena dalam setiap kegiatan wisata kuliner selalu menjadi tujuan utama para wisatawan. Di tiap daerah harus ada ikon kuliner lokal yang bias menjadi ciri khas tiap daerah."

Sampai saat ini makanan Indonesia yang sudah dicoba dikembangkan sebagai ikon kuliner Indonesia adalah nasi goreng, bakmi, satai dan kopi luwak. Ikon kuliner akan dikembangkan per daerah sehingga wisatawan nusantara yang menjadi target terbesar bisa menikmati keunikan daerah yang dikunjungi.

"Dengan adanya gelombang krisis ekonomi yang dimulai di kawasan Eropa, Indonesia justru punya kesempatan untuk mengembangkan industri kreatif baik dari negara Asia maupun Eropa. Karena itu kita harus menyiapkan potensi lokal," demikian Marie Elka Pangestu menutup pembicaraannya.

Hotel The Palace yang segera akan dilengkapi dengan fasilitas spa, 3 buah cottages dan helipad ini juga memiliki ruang meeting dengan kapasitas 700 orang. Diharapkan kehadiran hotel ini bias menggairahkan kembali wisatawan nusantara dan asing untuk kembali mengunjungi kawasan Cipanas dan Cianjur.
http://images.detik.com/content/2011/11/14/294/BBThepalaceCVR.jpg



sumber :http://www.detikfood.com/read/2011/11/14/111324/1766856/294/kuliner-menjadi-bagian-penting-ekonomi-kreatif

HQ 15 Nov, 2011


--
Source: http://mietelorceplok.blogspot.com/2011/11/kuliner-menjadi-bagian-penting-ekonomi.html
~
Manage subscription | Powered by rssforward.com



Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

0 komentar to “Kuliner Menjadi Bagian Penting Ekonomi Kreatif”

SPONSOR

STATISTIC

 

Copyright © 2009 by Bola80

Template by Blogger Templates | Powered by Blogger