Header Ad Banner

ads

Sabtu, 28 Januari 2012

china sarankan amerika agar hati hati

China Sarankan AS agar Hati-Hati PDF Print
Wednesday, 11 January 2012
BEIJING – Beijing menyarankan agar Amerika Serikat (AS) berlatih untuk hati-hati dalam memfokuskan kembali dalam kebijakan pertahanan untuk menghadapi kekuatan militer China.


Negeri Panda itu juga mengingatkan Washington mengenai rencana pamer kekuatan di Asia. Kementerian Pertahanan China menyatakan bahwa strategi militer AS yang pekan lalu, yang diumumkan Presiden Barack Obama,didasarkanpadatuduhan yang tidak kuat.Mereka bersitegas bahwa pertumbuhan militer China sebenarnya kesempatan, bukan sebagai tantangan terhadap Washington. "Ini merupakan sebuah gerakan menuju perdamaian yang lebih luas dan stabilitas di sepanjang wilayah Asia-Pasifik,"kata Juru Bicara Kementerian Pertahanan China Geng Yanshen dikutip AFP.

"Kita menyarankan AS untuk mengikuti tren yang sudah ada,bersikap objektif dan menyeimbangkan pandangan mengenai China.Militer AS juga sebaiknya bersikap hatihati dan mengembangkan sikap kondusif dalam melaksanakan hubungan baik." Komentar Geng itu diungkapkan hanya beberapa jam setelah Menteri Luar Negeri China mengatakan bahwa strategi pertahanan baru AS didasarkan pada tuduhan "tak berdasar" dan "tak bisa dipercaya".China juga menegaskan bahwa mereka bukanlah ancaman terhadap negara mana pun.

Menurut Mayor Jenderal Luo Yuan dari Angkatan Bersenjata Pembebasan Rakyat China (PLA), strategi militer AS itu secara langsung untuk menghalangi kemajuan militer China. Dia mengatakan, strategi militer Washington seharusnya waspada dan menerapkan diplomasi yang cerdas, bukan kepanikan."Kita dapat melihat bahwa AS telah memperkuat lima sekutu militer di wilayah Asia-Pasifik,"tulis Luo dalam artikel di harian milik PLA, dikutip Reuters. "Siapa yang tidak percaya bahwa itu ditujukan kepada China. Bukankah ini sama saja kembali ke mental Perang Dingin.

" Luo merupakan figur militer China yang memiliki pandangan tajam. Artikelnya kerap diterbitkan di koran dan media online.Namun, pandangannya pada harian milik PLA seperti mencerminkan suara para petinggi PLA. "Kita harus mengembangkan tingkat kewaspadaan," tegasnya. "Kita harus menerapkan diplomasi cerdas dan menjalin lebih banyak kawan sehingga kita lebih baik." Washington memfokuskan militernya ke Asia menyusul pertumbuhan Angkatan Laut China dan pengembangan rudal antikapal yang mengganggu dominasi militer AS di Pasifik. Apalagi, China dianggap mampu menutup rapat belanja militer.

Ditambah lagi, PLA mendapatkan keuntungan besar dan peningkatan anggaran seiring pertumbuhan ekonomi yang semakin melejit. Sebelumnya, Obama mengatakan bahwa militer AS akan dirampingkan seiring dengan beralihnya fokus negara itu ke Asia-Pasifik. Dia menjelaskan rencana pertahanan itu akan berdampak pada pengurangan tentara. andika hendra m



sumber :http://www.seputar-indonesia.com/edi...t/view/459339/

redbee88 12 Jan, 2012

Admin 12 Jan, 2012


-
Source: http://situs-berita-terbaru.blogspot.com/2012/01/china-sarankan-amerika-agar-hati-hati.html
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com



Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

0 komentar to “china sarankan amerika agar hati hati”

SPONSOR

STATISTIC

 

Copyright © 2009 by Bola80

Template by Blogger Templates | Powered by Blogger