Header Ad Banner

ads

Senin, 30 Januari 2012

Susu gan, segeerr [+pic]

mari kita biasa kan berbudaya komeng dan rate gan :rate5

semoga gak :repost

Quote:



Spoiler for susu:

[imagetag]
Susu adalah cairan bergizi berwarna putih yang dihasilkan oleh kelenjar susu mamalia betina. Susu merupakan sumber gizi utama bagi bayi sebelum mereka dapat mencerna makanan padat gan, susu hewan (biasanya sapi) juga diolah menjadi berbagai olahan seperti mentega, yogurt, es krim, keju, susu kental manis, susu bubuk, susu gantung dan lain-lainnya dapat dijadikan alternatif bagi agan-agan yang gak suka minum susu.

Pastinya susu memiliki banyak fungsi dan manfaat gan. Untuk umur produktif, susu membantu pertumbuhan mereka. Sementara itu, untuk para lansia, susu membantu menopang tulang agar tidak keropos. Susu mengandung banyak vitamin dan protein gan. Oleh karena itu kita dianjurkan minum susu. Sekarang banyak susu yang dikemas dalam bentuk yang unik, tentu nya tujuan dari ini agar orang tertarik untuk membeli dan minum susu. Ada juga susu yang berbentuk fermentasi atau yoghurt.

Quote:



Spoiler for susu:
Sejarah susu

[imagetag]

Pada zaman dahulu atau zaman kuda gigit besi, susu udah dipakai sebagai bahan pokok pangan manusia gan. Manusia mengambil susu dari hewan yang memiliki kelenjar susu, seperti sapi, kuda dan domba. Sapi dan domba mulai dijinakkan sejak 8000 sm untuk diambil daging, bulu dan susunya. Di timur tengah, susu bahkan difermentasi menjadi keju oleh para pengembara gurun di sana gan.

Diperkirakan susu mulai masuk ke dataran eropa pada abad 5000 sm melewati daerah anatolia. Sementara, susu mulai masuk ke inggris pada periode neolitik. Penggunaan keju dan susu dari timur tengah lewat turki mulai dikenal oleh bangsa eropa pada zaman pertengahan.kemudian, pada abad ke-15, para pelaut mulai membawa sapi perah untuk dipelihara dan diternakkan di dataran eropa untuk diambil susu nya.

Susu sapi baru dikenal oleh bangsa indonesia lewat penjajahan hindia belanda pada abad ke 18 gan, di beberapa bangsa, terutama bangsa eropa, meminum susu telah menjadi kebiasaan yang lumrah dilakukan setiap sarapan. Susu terus diproduksi dengan cara mendirikan peternakan sapi perah. Pada zaman ini, susu tidak hanya diminum, melainkan diubah bentuknya menjadi margarin, yogurt bahkan es krim yang sering kita makan gan. Susu pun terus dikembangkan seiring dengan perkembangan zaman.

Di eropa, industri susu sangat maju dalam hal teknologi dan kualitas susu itu sendiri. Susu-susu yang diproduksi di eropa, rata-rata mengandung kandungan gizi yang tinggi gan. Ini tentu nya sangat baik bagi kesehatan dan pertumbuhan kita. Hal ini lah yang menyebabkan, tinggi rata-rata orang eropa jauh dari tinggi rata-rata orang asia gan. Susu mengandung banyak sekali kalsium yang dapat menguatkan tulang.

Di rusia dan daerah laplandia, sejenis peternakan rusa perah dibuat untuk logistik susu di beberapa daerah di lingkar kutub utara gan. Susu kuda dan keledai mengandungi lemak sekitar 50% lebih rendah dari susu sapi. Susu paus mengandung kandungan lemak terbesar, yaitu 50% dari kadar susu tersebut. Namun, susu paus tidak dikonsumsi oleh manusia gan.

Quote:



Spoiler for susu:
Susu yang baik

[imagetag]

Saat masih berada di dalam kelenjar susu, susu dinyatakan steril. Namun, apabila sudah terkena udara, susu sudah tidak bisa dijamin kesterilannya gan. Susu dikatakan baik jika meliputi banyak faktor, seperti warna, rasa, bau, berat jenis, kekentalan, titik beku, titik didih, dan tingkat keasaman gan.

Warna susu bergantung pada beberapa faktor seperti jenis ternak dan pakannya. Warna susu normal biasanya berkisar dari putih kebiruan hingga kuning keemasan. Warna putihnya merupakan hasil dispersi cahaya dari butiran-butiran lemak, protein, dan mineral yang ada di dalam susu. Lemak dan beta karoten yang larut menciptakan warna kuning, sedangkan apabila kandungan lemak dalam susu diambil, warna biru akan muncul.

Susu terasa sedikit manis dan asin (gurih) yang disebabkan adanya kandungan gula laktosa dan garam mineral yang terkandung di dalam susu. Rasa susu sendiri mudah sekali berubah bila terkena benda-benda tertentu, misalnya makanan ternak penghasil susu, kerja enzim dalam tubuh ternak, bahkan wadah tempat menampung susu yang dihasilkan nantinya. Bau susu umumnya sedap, namun juga sangat mudah berubah bila terkena faktor di atas.

Berat jenis air susu adalah 1,028 kg/L, penetapan berat jenis susu harus dilakukan 3 jam setelah susu diperah, sebab berat jenis ini dapat berubah, dipengaruhi oleh perubahan kondisi lemak susu ataupun karena gas di dalam susu. Viskositas susu biasanya berkisar antara 1,5 sampai 2 cP, yang dipengaruhi oleh bahan padat susu, lemak, serta temperatur susu. Titik beku susu di Indonesia adalah -0,520 °C, sedangkan titik didihnya adalah 100,16 °C.

Titik didih dan titik beku ini akan mengalami perubahan apabila dilakukan pemalsuan susu dengan penambahan air yang terlalu banyak karena titik didih dan titik beku air yang berbeda. Susu segar mempunyai sifat amfoter, artinya dapat berada di antara sifat asam dan sifat basa. Secara alami pH susu segar berkisar 6,5–6,7. Bila pH susu lebih rendah dari 6,5, berarti terdapat kolostrum ataupun aktivitas bakteri.


Quote:


Spoiler for susu:
jenis-jenis susu

[imagetag]

Sebelum mengonsumsi susu ada baiknya kita mengetahui jenis yang mana yang pas dengan kebutuhan tubuh kita masing-masing gan.
Berikut adalah jenis-jenis susu yang bisa kita konsumsi gan.

Full cream
Mengandung 4% lemak dan umumnya banyak,t mengandung vitamin A dan vitamin D.


Low fat
Susu rendah lemak, karena kandungan lemaknya hanya setengah dari susu full cream.

UHT
Merupakan singkatan dari Ultra-High Temperature-Treated. Susu jenis ini adalah susu yang dipanaskan dalam suhu tinggi (140° C) selama 2 detik yang kemudian langsung dimasukkan dalam karton kedap udara. Susu ini dapat disimpan untuk waktu yang lama.

CLA
Susu ini bermanfaat bagi orang yang ingin merampingkan tubuh. Kepanjangan dari CLA adalah Conjugated Linoleic Acid yang akan membantu dalam pembentukan otot dan mempercepat pembakaran lemak.

Skim
Susu yang kandungan lemaknya lebih sedikit lagi, kurang dari 1%.

Susu evaporasi
Yaitu susu yang telah diuapkan sebagian airnya sehingga menjadi kental. Mirip dengan susu kental manis, tetepi susu jenis ini rasanya tawar.

Susu Pasteur
Susu yang melalui proses pasteurisais (dipanaskan) 65° sampai 80° C selama 15 detik untuk membunuh bakteri patogen yang dapat menyebabkan penyakit.

Flavoured
Sebenarnya susu full cream atau low fat yang ditambahkan rasa tertentu untuk variasi. Misalnya susu coklat, strawberry, pisang, dan rasa lainnya. Umumnya memiliki kandungan gula yang lebih banyak karena penambahan rasa ini.

Calcium encriched
Susu yang ditambah dengan kandungan kalsium dan kandungan lemaknya telah dikurangi.

Quote:

Spoiler for susu:
Cara minum susu yang baik

[imagetag]
:ngakak :ngakak :ngakak :ngakak

makasi buat yg udah mampir, semoga thread ane menambah wawasan agan-agan yg udah mampir :shakehand2
Kalau agan suka thread ane mohon di :rate5 gan
dan yg paling penting :cendolbig bukan :batabig soal nya ane lagi ga buat rumah gan :ngakak

jilme 11 Dec, 2011

Admin 11 Dec, 2011


-
Source: http://kaskus-forum.blogspot.com/2011/12/susu-gan-segeerr-pic.html
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com



Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

0 komentar to “Susu gan, segeerr [+pic]”

SPONSOR

STATISTIC

 

Copyright © 2009 by Bola80

Template by Blogger Templates | Powered by Blogger