Header Ad Banner

ads

Senin, 19 September 2011

Foto-foto Orang Indonesia di Tahun 1908


oto murid sekolah pertanian

Quote:
Siswa sekolah pertanian yg lagi belajar biologi

Quote:
Para penari di medan
Quote:
Penulis Dewa Gede Oka di Oeboed
Quote:
Dr. J.P. Kleiweg de Zwaan bersama dukun dari Taluk selama ekspedisi Alfred Maass di Sumatera Tengah
Quote:
Seorang penjual dirumah orang belanda di Bandung
Quote:
Jalan adegan, Bandung
Quote:
Seorang Penjual burung di Bandung
Quote:
Laut buleleng
Quote:
Laut Buleleng sekarang
Quote:
Rumah sakit di Cirebon
Quote:
Sebuah jembatan gantung di atas sungai Progo Kebonagoeng, Kedoe, Jawa Tengah
Quote:
Potret dari seorang gadis albino di Bandung Sunda
Quote:
Wahana air pada suatu pameran di Medan
Quote:


Spoiler for Foto dari mbah GOOGLE:
Bung Hatta pas muda
Quote:
Quote:
Orang-orang Indonesia yang ada di Negeri Belanda pada tahun 1908, mendirikan organisasi yang diberi nama Indische Vereniging. Pelopor berdirinya organisasi ini adalah Sultan Kasayangan seorang mahasiswa dan Noto Suroto seorang penyair dari Jogjakarta. Dalam perkembangannya, Indische Vereniging, pada tahun 1925, diganti namanya menjadi Perhimpunan Indonesia, dan sejak itu nama perkumpulan ini menggunakan istilah "Indonesia". Hal ini menjadi penting karena mulai digunakan kata Indonesia sebagai upaya menunjukkan identitas kita. Kedatangan tokoh-tokoh pergerakan nasional ke Negeri Belanda seperti Tjipto Mangunkusumo dan Suwardi Suryaningrat, dan Bung Hatta sangat menguntungkan perkembangan Perhimpunan Indonesia. Pada masa kepemimpinan Muhammad Hatta, aktivitas Perhimpunan Indonesia semakin meluas.

Perhimpunan Indonesia
Quote:
Quote:
Quote:
Perhimpunan Indonesia (PI) didirikan pertama kali pada tahun 1908 oleh orang-orang Indonesia yang berada di Negeri Belanda, diantaranya adalah Sultan Kasayangan, R.N. Nyoto Suroto, mula-mula organisasi ini bernama Indische Vereeniging. Tujuan awalnya adalah untuk memajukan kepentingan-kepentingan bersama dari orang-orang yang berasal dari Indonesia, maksudnya orang-orang pribumi dan non pribumi bukan Eropa, di Negeri Belanda dan hubungan dengan Indonesia. Mulanya organisasi ini hanya bersifat organisasi sosial.
Stasiun Cilacap
Quote:
Imigran Jawa Suriname
Quote:
Gan...
Quote:
WAJAH Sidin pada pas foto di surat kesehatannya terlihat gagah. Pemuda asal Pekalongan itu menggunakan ikat kepala kain khas pemuda daerah pesisir Jawa, tidak berbaju dan bercelana putih.

Dalam foto tahun 1908 yang dibuat pemerintah kolonial Belanda untuk pelengkap surat kesehatan sebagai syarat mengiriman Sidin ke Suriname itu dia berpose duduk santai dengan tangan di atas paha.

Bagi cucu Sidin, foto itu mempunyai arti penting dan bersejarah.
Maurit S Hassankhan/Sandew Hira memuat foto Sidin itu dalam buku Historische Database Van Suriname, Gegevens Over de Javaanse Immigranten (Data Sejarah Suriname, Data Imigrasi Orang Jawa) yaitu buku yang berisi data para imigran Jawa ke Suriname.
Boedi Utomo (organisasi)
Quote:
Quote:
Dalam Sejarah peradaban bangsa Indonesia, ada beberapa catatan peristiwa yang layak kita pandang sebagai awal mula pergerakan mahasiswa di tanah air. Pergerakan tersebut bermula pada tahun 1908. Pada masa itu,mahasiswa - mahasiswa dari lembaga pendidikan STOVIA mendirikan sebuah wadah pergerakan pertama di Indonesia yang bernama Boedi Oetomo, dimana organisasi ini didirikan di Jakarta pada tanggal 20 Mei 1908.
Potret Dr Teophil Wurth, Eropa dan media lain selama istirahat dalam pendakian gunung Merapi
Quote:
Kebangkitan Nasional 20 Mei 1908
Quote:
Hotel Simpang Surabaya
Quote:
Quote:
Pada tahun 1908 belum banyak orang kenal Hotel Simpang. Waktu itu, hotelnya baru ganti nama. Sebelumnya hotel bernama Hotel Broekman. Di dinding depan ada tulisan "Hotel Simpang voorheen Broekman" yang berarti "Hotel Simpang dulunya Broekman". Depan hotelnya berdiri tiang listrik dengan banyak kabel. Jalan Simpang dulu sepi sekali. Kini wilayah ini menjadi salah satu pusat keramaian di Surabaya. Kehadiran, mal, restoran, pusat bisnis hingga Gedung Negara Grahadi membuat lokasi ini menjadi jujugan masyarakat. Hotel Simpang pun masih berdiri namun telah direnovasi dan mengalami moderenisasi.
Museum Kebangkitan Nasional
Quote:
Gedung Kebangkitan Nasional

Source: http://wisbenbae.blogspot.com/2011/09/foto-foto-orang-indonesia-di-tahun-1908.html


Di Post Oleh www.i-dus.com 19 Sep, 2011


--
Source: http://www.i-dus.com/2011/09/foto-foto-orang-indonesia-di-tahun-1908.html
~
Manage subscription | Powered by rssforward.com



Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

0 komentar to “Foto-foto Orang Indonesia di Tahun 1908”

SPONSOR

STATISTIC

 

Copyright © 2009 by Bola80

Template by Blogger Templates | Powered by Blogger