Header Ad Banner

ads

Kamis, 02 Februari 2012

Nike Inc. Bayar Lembur Pekerja Indonesia Rp 9 Miliar



Quote:


Nike Bayar Lembur Pekerja Indonesia Rp 9 Miliar


[imagetag]


JAKARTA, KOMPAS.com -- Nike Inc, perusahaan pembuat peralatan olahraga, sepakat membayar sekitar 1 juta dollar AS atau sekitar Rp 9 miliar bagi pekerjanya. Serikat pekerja yang mewakili 4.500 pekerja dari PT Nikomas, anak usaha Nike Inc, Kamis (12/1/2012) sebagaimana dikutip kantor berita AP melaporkan, dana ini untuk membayar lembur perkeja selama dua tahun.

Bambang Wirahyoso, pimpinan serikat buruh perusahaan itu menegaskan, 4.500 pekerja ini adalah karyawan PT Nikomas, pabrik sepatu yang berlokasi di Provinsi Banten. Nike menyebutkan, pabrik ini tidak membayar waktu lembur sekitar 600.000 jam selama periode dua tahun. Setelah dilakukan perundingan selama 11 bulan, Nike yang berbasis di Seattle, negara bagian Washington, Amerika Serikat, akhirnya sepakat membayar 1 juta dollar AS.

Wirahyoso seperti dikutip AP menegaskan, uang pembayaran lembur ini akan mulai dibayarkan ke para pekerja mulai awal bulan depan. Sejauh ini, belum bisa diperoleh tanggapan dari pihak Nike Inc.

Dia berharap kasus ini akan menjadi preseden di negeri ini, di mana para pekerja pabrik kerap bekerja selama tujuh hari per pekan tanpa mendapat upah lembur atau bayaran yang pantas.

"Kasus ini akan mengirim gelombang kejutan melalui gerakan pekerja Indonesia," kata Wirahyoso.

Dia juga menekankan akan terus berjuang bagi pekerja lainnya. "Ini baru awal," ujarnya.
Sebenarnya yang melakukan kesewenangan itu corporate asing atau regulasi dan siluman dinegeri ini terhadap perusahaan asing ya ?!. ditilik dari kasus perburuhan ini nampaknya mengaburkan simpati saya terhadap maraknya pungli yang di lakukan beragam elemen kepada investasi asing disini. diluar dari saiapa yg dirugikan dari beragam maslaah perindustrian, setidaknya kemengan kaum buruh pekerja sepatu Nike di indonesia terhadap kesewengan dengan tidak membayarkan upah lembur membenarkan terajdinya pengerukan tenaga manusia dengan tanpa dihargai untuk mengejar profit semata. Semoga masalah terselesaikan tanpa ada satu pihakpun dirugikan . .entahlah :capedes

batokapua 12 Jan, 2012

Mr. X 12 Jan, 2012


-
Source: http://ideguenews.blogspot.com/2012/01/nike-inc-bayar-lembur-pekerja-indonesia.html
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com



Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

0 komentar to “Nike Inc. Bayar Lembur Pekerja Indonesia Rp 9 Miliar”

SPONSOR

STATISTIC

 

Copyright © 2009 by Bola80

Template by Blogger Templates | Powered by Blogger