Header Ad Banner

ads

Kamis, 02 Februari 2012

Setelah Heboh mobil, Kini Motor Lokal Lahir di Yogyakarta



Quote:


Setelah Heboh mobil, Kini Motor Lokal Lahir di Yogyakarta


[imagetag]


TEMPO.CO,Yogyakarta - Ramainya berita soal mobil lokal "Kiat Esemka" membuat berita produk-produk lokal lainnya bermunculan. Salah satunya motor lokal buatan Daerah Istimewa Yogyakarta.





Motor dengan merk MAK (Mega Andalan Kalasan) sudah diproduksi sejak 2010. Ada dua produk varian MAK, yakni Vipros X 100 dan Vipros X 125. Harganya jauh lebih murah dari produk Jepang, yaitu Rp 9,45 juta dan Rp 9,9 juta per unit.





Namun ini tak membuat Raja Keraton Yogyakarta Sultan Hamengku Buwono X ikut latah untuk memesan. Bahkan ia belum tahu adanya motor lokal itu. "Saya belum tahu," kata Sultan saat ditemui di kantornya komplek Kepatihan, Senin, 9 Januari 2012. Tetapi ia memberikan dukungan penuh terhadap produk-produk anak bangsa itu.

"Yang penting memenuhi standar SNI karena produk itu bisa dipasarkan kalau memenuhi standar safety-nya," kata Sultan yang juga Gubernur DIY itu.

Jika standar yang baku sudah dipenuhi, bukan berarti Sultan serta merta akan memborong produk itu. Kecuali jika produk-produk tersebut dimungkinkan menjadi prioritas untuk diadakan di tiap-tiap pemerintah daerah. "Ya enggak masalah, nanti pesan," kata Sultan.


Ternyata trend buatan Lokal memberikan dampak positive pada usaha mandiri anak bangsa dalam merintis usaha untuk menghasilkan produk lokal yang selama ini didominasi oleh produk asing dengan harga yg juga mahal. walau secara design dan komponen belum 100% original buatan sendiri tapi setidaknya apresiasi patut diberikan, mengingat trend positive ini jika dikelola secara berkesinambungan, profesional dan didukung sesmua elemen masyarakat tentu saja bisa membuat produk dalam negeri mampu bersaing dengan india, malaysia atau negara berkembang lain dalam inovasi membuat produk unggulan dalam negeri

Djendral.Bokir 10 Jan, 2012

Mr. X 10 Jan, 2012


-
Source: http://ideguenews.blogspot.com/2012/01/setelah-heboh-mobil-kini-motor-lokal.html
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com



Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

0 komentar to “Setelah Heboh mobil, Kini Motor Lokal Lahir di Yogyakarta”

SPONSOR

STATISTIC

 

Copyright © 2009 by Bola80

Template by Blogger Templates | Powered by Blogger