Header Ad Banner

ads

Jumat, 06 Januari 2012

7,5 Juta Penduduk Jakarta Berhak Jadi Pemilih di Pemilukada 2012

Sebelum tenggat waktu 14 Januari 2012, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta telah menyerahkan Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (DP4) DKI Jakarta kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi DKI Jakarta. Ini berfungsi untuk pemutakhiran data Daftar Pemilih Tetap (DPT).

Berdasarkan data yang dihimpun oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil DKI Jakarta, data DP4 mencapai 7.545.989 juta jiwa dari enam wilayah DKI Jakarta. Data tersebut diserahkan dalam bentuk cetakan daftar penduduk sebanyak 742 jilid dan 267 keping CD.

"Saya yakin data DP4 ini merupakan data penduduk yang tingkat validitasnya tinggi dan terpercaya. Jumlah pemilih potensial ini dilihat dari warga yang berusia 17 tahun atau sudah menikah," kata Gubernur DKI Jakarta, Fauzi Bowo, di Balaikota, Jakarta, Jumat (6/1/2012).

Berdasarkan hasil pengolahan pergantian Kartu Keluarga (KK) dan KTP, jumlah penduduk DKI mencapai 10,4 juta jiwa. Sementara berdasarkan persyaratan pemilih tersebut, dari 10,4 juta jiwa tersebut, ditetapkan ada sekitar 7,5 juta jiwa yang menjadi pemilih potensial dalam pemilukada 2012.

"Saya berharap, data ini bisa dimanfaatkan untuk kepentingan Pemilukada 2012, sehingga proses Pemilukada dapat berjalan hingga akhirnya dengan data yang akurat dan valid," ujar Foke, sapaan akrab Fauzi Bowo.

Setelah penyerahan DP4, KPU Provinsi DKI Jakarta akan langsung membuat pemetaan untuk setiap Tempat Pemungutan Suara (TPS). Data tersebut akan diserahkan kepada petugas pemutakhiran data di kelurahan untuk melakukan verifikasi data penduduk tersebut.

DP4 ini nanti akan diolah menjadi Daftar Pemilih Sementara (DPS). Kemudian bagi warga yang ternyata tidak tercatat dalam DPS dapat mengajukan kepada KPU Provinsi DKI Jakarta dengan membawa KTP DKI Jakarta dan KK yang sah. Setelah itu, data tersebut akan diolah lagi menjadi Daftar Pemilih Tetap (DPT).


sumber : kompas.com

up2det 07 Jan, 2012


-
Source: http://www.terselubung.up2det.com/2012/01/75-juta-penduduk-jakarta-berhak-jadi.html
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com



Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

0 komentar to “7,5 Juta Penduduk Jakarta Berhak Jadi Pemilih di Pemilukada 2012”

SPONSOR

STATISTIC

 

Copyright © 2009 by Bola80

Template by Blogger Templates | Powered by Blogger