Header Ad Banner

ads

Rabu, 04 Januari 2012

[PIC] Siswa SMK di Makassar juga Rakit Mobil MOKO

[imagetag]

Wali Kota: Makassar Juga Bisa Bikin Mobil Seperti Moko
Rabu, 4 Januari 2012 16:39 WITA

MAKASSAR, TRIBUN-TIMUR.COM - Wali Kota Makassar Ilham Arief Sirajuddin optimistis Makassar bisa memproduksi mobil layanyaknya yang diproduksi SMK 1 Singosari, Solo, Jawa Tengah. Mobil yang diberi nama Moko ini selanjutnya akan dipasarkan di Sulawesi Selatan dengan prakarsa Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan. Optimisme Ilham itu muncul karena infrastruktur dan sumber daya manusia di Makassar memungkingkan untuk memproduksi mobil sejenis dan bahkan dengan kualitas lebih bagus.

"Kita bisa kalau menggandeng produsen mobil merek ternama misalnya dari Jepang. Karoseri dibuat di Makassar. Kita bisa dan banyak pendukung," kata Ilham usai bedah buku berjudul Indikator Keberhasilan Ilham Arief Sirajuddin di Wisma Kalla, Makassar, Rabu (4/1/2011). Produksi mobil, menurut Ilham penting agar pemerintah bisa berhemat anggaran, utamanya produksi kendaraan hemat bahan bakar.
http://makassar.tribunnews.com/2012/...l-seperti-moko

[imagetag]

Gubernur Sulsel Harus Berani Pakai Mobil Moko

Rabu, 4 Januari 2012 14:29 WITA

MAKASSAR, TRIBUN-TIMUR.COM - DPRD Sulsel memacu semangat Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan untuk sesegera mungkin memproduksi mobil lokal merk Moko. APBD Pokok Sulsel tahun 2012 mengalokasikan Rp 2,5 miliar untuk mengongkosi 50 buah mobil Moko di tahap awal.

Anggota Komisi B DPRD Sulsel, Muchtar Tompo, yakin dengan percepatan produksi Moko maka akan menggiatkan teknologi industri otomotif lokal Sulsel. Kehadiran Moko di Sulsel juga akan membangkitkan semangat cinta produk dalam negeri. "Kami hargai semangat Pemprov menghadirkan Moko, APBD kita juga mendukung itu. Ada Rp 2,5 miliar untuk produksi 50 buah Moko disiapkan tahun ini," kata politisi Hanura Sulsel tersebut, Selasa (4/1/2012).

Ia mendukung kehadiran Moko karena menurutnya akan sangat membantu kalangan petani dan industri kecil dalam mengangkut dan mendistribusikan barang-barang dagangannya dari hulu ke hilir. Muchtar tidak berani berharap jika nantinya Moko juga akan dijadikan sebagai kendaraan dinas seperti yang dilakukan Wali Kota Solo, Joko Waluyo.

Namun menurutnya, jika hal serupa juga berani dilakukan oleh Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo, ia meyakini animo masyarakat untuk membeli mobil lokal akan meningkat. "Sekaligus akan menjadi contoh dan tauladan sebagai bukti keseriusan Gubernur dan jajaran SKPD-nya untuk menjadikan mobil lokal digemari masyarakat Sulsel," kata Muctar lagi.

Terpisah, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sulsel, Irman Yasin Limpo menyebut kendala yang ada sebelumnya adalah masalah pembiayaan. Namun hal tersebut otomatis hilang setelah ada alokasi dalam APBD.
http://makassar.tribunnews.com/2012/...kai-mobil-moko

[imagetag]

[imagetag]

Moko, Merek Mobil Lokal Sulsel
Minggu, 2 Oktober 2011 22:45 WITA

[imagetag]
Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo dan Ketua DPRD Sulsel M Roem hendak mencoba mobil buatan PT INKA Madiun, Jawa Timur, Minggu (2/10/2011)

OBSESI Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo untuk menghadirkan Mobil murah untuk rakyat semakin jelas dan nyata dihadapan mata. Gubernur berkesempatan mencoba mobil tersebut di kawasan PT INKA Madiun, Jawa Timur, Minggu (2/10/2011).

Kunjungan gubernur diterima langsung oleh direktur utamanya, Ir Roos Djatmiko bersama jajaran direksinya. Ia menjelaskan PT Industri Kereta Api adalah satu-satunya industri kereta api terpadu di kawasan Asean yang dibangun sejak tahun 1981 dan mempekerjakan karyawan sebanyak 800 orang di pabrik yang memiliki luas 22,5 hektar.

Gubernur Sulsel dalam kunjungannya mengatakan sangat gembira dan terharu melihat hasil karya anak bangsa karena ide ini muncul karena begitu banyak kendaraan yang hilir mudik dihadapan kita namun tidak ada satupun yang dihasilkan dari tangan anak Indonesia.

Mantan Bupati Gowa dua periode ini mengatakan kendaraan roda empat yang diberi nama "moko". Mobil yang diproyeksikan menjadi mobil murah untuk usaha produktif di pedesaan ini rencananya akan dilounching pada peringatan hari jadi Sulsel ke-342 di Makassar.

Dalam kunjungannya ke Madiun, gubernur turut didampingi oleh Ketua DPRD Sulsel Moh Roem, Asisten Bidang Kesra Sulsel Amal Natsir, Kadis Koperasi Sulsel M Yamin, Kadis Bina Marga Sulsel Abd Latief, Kadis PSDA Sulsel Soeprapto, serta Karo Humas Agus Sumantri. Selain meninjau pabrik mobil "Moko", dalam kunjungan tersebut dibahas kemungkinan menghadirkan kereta api sebagai modal transportasi di Sulsel

Gubernur akan berusaha meyakinkan rencana tersebut saat rapat perkereta apian bersama Kementerian Perhubunhgan 6 Oktober mendatang di Makassar untuk memanfaatkan jalur trans Sulawesi khususnya dikawasan Mamminasata.
http://makassar.tribunnews.com/2011/...l-lokal-sulsel

----------------

Sebenarnya kalau sekedar bikin body mobil, karoseri di Indonesia sudah tak kalah dengan buatan pabrik merk asing. Emangnya siapa itu yang buat Kijang INNOVA, Avanza, Xenia, Body Bus-bus Mewah yang merknya Mercedez benz atau HINO? Itu ya karoseri dalam negeri. Makanya tak mengehrankan kalau anak-anak SMK saja sudah mampu merakit mobil dari bahan lokal (bahkan mencapai 80% seperti mobil esemka itu).

Kita memang belum teruji bikin mesin mobil saja, termasuk transmisi dan chasisnya. Tapi sekiranya ada progaram yang jelas dari Pemerintah, seharusnya sudah sejak lama kita memiliki pabrik mesin mobil, dan sistem transmisinya, serta besi chasisnya dengan standart internasional. Kalau ada BUMN yang bisa menjual mesin mobil berbagai tipe ukuran, juga besi chasis mobil dan sistem transmisinya, pastilah industri mobil di Indonesia akan berkembang pesat di masa depan. Saya yakin, insinyur-insinyur di BPPT, ITB, ITS, UGM dan UI, pasti bisa merekayasa mesin mobil yang handal dengan sistem paling maju di dunia. Saya juga yakin, ahli metallurgi kita akan mampu membuat blok mesin yang kuat beserta sistem transmisinya. Tapi kenapa tak ada kemauan samasekali?

ega.zacky 04 Jan, 2012

Admin 04 Jan, 2012
-
Source: http://situs-berita-terbaru.blogspot.com/2012/01/pic-siswa-smk-di-makassar-juga-rakit.html
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com



Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

0 komentar to “[PIC] Siswa SMK di Makassar juga Rakit Mobil MOKO”

SPONSOR

STATISTIC

 

Copyright © 2009 by Bola80

Template by Blogger Templates | Powered by Blogger