Header Ad Banner

ads

Kamis, 05 Januari 2012

Sanksi Sepihak AS ke Iran Diprotes China

Quote:

BEIJING (KRjogja.com) - Pemerintah China menyatakan penolakannya terhadap tindakan unilateral Amerika Serikat (AS) yang memberlakukan sanksi ke Bank Sentral Iran. Sanksi baru itu ditandatangani oleh Presiden Barack Obama sebelum dirinya pergi berlibur untuk merayakan Tahun Baru.

"China menolak penempatan salah satu hukum dalam negeri di atas hukum internasional dan pemberlakuan sanksi terhadap negara lain," ujar juru bicara Kementerian Luar Negeri China Hong Lei, seperti dikutip AFP, Rabu (4/1).

Iran sudah menjadi salah satu mitra perekonomian bagi Negeri Panda selama bertahun-tahun. Pada Juli 2011, kedua negara itu menandatangani kerja sama proyek senilai triliunan dolar dalam sektor pertambangan, energi, dan industri. Hong juga mengakui, perdagangannya dengan Iran dilakukan dengan transparan.

"Interaksi China dan Iran tidak melanggar resolusi Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (DK PBB) dan tidak akan merugikan negara lain," tambahnya.

Pada November 2011, Inggris dan Kanada sudah memberlakukan sanksi barunya ke Iran. Kanada bahkan melarang adanya transaksi dari seluruh pihak di negaranya terhadap Iran. Sanksi itu ditujukan untuk menghambat program nuklir Iran karena Barat masih menaruh kecurigaan akan pembuatan senjata nuklir yang dilakukan oleh Iran.

Meski demikian, China dan Rusia yang merupakan mitra Iran kerap mencoba untuk meyakinkan Barat agar tidak memberlakukan sanksi-sanksi lainnya ke Iran. Kedua negara itu yakin, penyelesaian kasus nuklir Iran tidak akan berhasil lewat pemberlakukan sanksi.

Sumber: http://krjogja.com/read/113875/sanks...rotes-china.kr

AS memang negara semena-mena
Pantas saja China geram

ZaidSeptember 05 Jan, 2012

Admin 05 Jan, 2012
-
Source: http://situs-berita-terbaru.blogspot.com/2012/01/sanksi-sepihak-as-ke-iran-diprotes.html
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com



Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

0 komentar to “Sanksi Sepihak AS ke Iran Diprotes China”

SPONSOR

STATISTIC

 

Copyright © 2009 by Bola80

Template by Blogger Templates | Powered by Blogger