Header Ad Banner

ads

Rabu, 11 Mei 2011

Sutiyoso dan Tiga Pilar Perbaikan Sepak Bola Nasional

Jakarta – Salah satu bakal calon ketua umum PSSI, Sutiyoso, menyebut ada tiga hal utama yang harus diperbaiki untuk memajukan prestasi sepakbola nasional. Selain pembinaan, penataan organisasi dan kompetisi juga jadi hal yang harus segera diperbaiki.

Pembinaan pemain sejak usia masih sangat dini disebut Sutiyoso jadi hal yang tidak bisa dihindari lagi. Sayangnya sejauh ini di Indonesia pembinaan pemain disebutnya cuma program yang cantik di atas kertas karena pada kenyataannya tak ada realisasi dalam hal tersebut.

Selama ini pembinaan usia muda cuma sebatas jargon namun semua kemudian terhenti di tengah jalan. Padahal ini dianggap jadi sesuatu yang penting mengingat Indonesia sudah jauh tertinggal dibanding negara lain dalam hal pengembangan pemain belia.

Pria yang akrab disapa Bang Yos tersebut juga menekankan perlunya diambil tindakan cepat terkait penegakan aturan terhadap klub-klub yang belum memiliki tim junior. Di banyak negara, klub profesional sudak memiliki akademi sepakbola dengan program yang jelas dan teratur yang kemudian jadi dasar dalam pengembangan prestasi sepak bola.

Sementara dalam bidang organisasi, mantan ketua umum Persija Jakarta itu menilai kalau selama ini penempatan sumber daya manusia yang kapabel di tubuh PSSI belum tertata dengan baik. Otoritas sepakbola tanah air itu juga punya pekerjaan rumah besar karena citranya yang sudah sangat jatuh menyusul kisruh yang terjadi saat ini.

“Di tengah karut-marut berbagai persoalan menjelang kongres PSSI dan masih terpuruknya prestasi tim nasional, masyarakat berhak mengetahui siapa calon pemimpinnya, apa yang dia lakukan jika terpilih. Masyarakat tentu tak mau memilih pimpinan yang tak punya rekam jejak dengan program yang jelas,” ujar Bang Yos dalam rilis yang diterima detikSport.

Hal terakhir yang disebut Sutiyoso penting untuk segera diperbaiki oleh kepengurusan baru PSSI nanti adalah soal roda kompetisi. Mantan ketua umum PBSI dan Perbakin itu berjanji akan melakukan pembenahan baik di liga profesional maupun amatir.

Di sisi lain Sutiyoso juga mendukung penghapusan penggunaan APBD oleh klub peserta liga. Dia menekankan perlunya dunia usaha diyakinkan agar ikut berpartisipasi dalam kegiatan sepakbola nasional karena kompetisi dinilainya  punya nilai jual yang tinggi dalam berpromosi.

edit 11 May, 2011


--
Source: http://www.suarabola.com/sutiyoso-dan-tiga-pilar-perbaikan-sepak-bola-nasional/
~
Manage subscription | Powered by rssforward.com



Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

0 komentar to “Sutiyoso dan Tiga Pilar Perbaikan Sepak Bola Nasional”

SPONSOR

STATISTIC

 

Copyright © 2009 by Bola80

Template by Blogger Templates | Powered by Blogger